News Update :

Suara Gemuruh dan Getaran di Situbondo Gempa Berkekuatan 2,7 SR

6 April 2012

Situbondo -

Suara gemuruh dan getaran yang terjadi di beberapa wilayah Situbondo dipastikan terjadinya gempa berkekuatan 2,7 skala richter (SR). Pusat gempa berada di kedalaman 10 KM, tepatnya 22 KM barat laut Situbondo.

Hal itu disampaikan Sekretaris BPBD Situbondo Yahya Maziun, Jumat (6/4/2012) malam. Lebih jauh Yahya mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan BMKG Tretes untuk mengetahui pusat getaran yang dirasakan warga Situbondo, sekitar pukul 17:25:44 WIB tadi sore.

"Terkait adanya gempa itu, kita sudah menerima laporan dari Bapak Djati Cipto Kuncoro, selaku Kepala Kelompok Data dan Analisa BMKB Tretes," kata Yahya Maziun kepada detiksurabaya.com.

Lebih jauh, Yahya menjelaskan, alat BMKG Tretes mencatat record gempa yang terjadi tadi sore di Situbondo sebagai berikut; epicentre 7.72 LS - 113.97 BT dengan kekuatan 2.7 SR. Gempa berpusat di kedalaman 10 KM tepatnya 22 KM Barat Laut Situbondo.

"Intensitasnya III-IV MMI atau ringan," papar Yahya.

Menurut Yahya, gempa yang terjadi tadi sore di Situbondo tidak sampai menimbulkan kerusakan. Sebab, kemungkinan kerusakan baru timbul pada gempa dengan kekuatan 6 SR. Bahkan, kekuatan gempa 6 SR juga bisa menimbulkan tsunami jika terjadi patahan vertikal.

"Untuk gempa susulan kemungkinan besar tidak ada," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, ketenangan warga Situbondo mendadak berubah panik setelah mendengar suara gemuruh dan terjadi getaran. Getaran berlangsung sekitar 2 detik itu terjadi sore tadi, membuat warga sekitar berhamburan keluar rumah.

Warga juga sempat ketakutan setelah melihat benda-benda ikut tergerak. Seperti kopi dalam gelas yang terjatuh, hingga genting rumah warga yang berjatuhan. Tak hanya di perkampungan, di kawasan Kota Situbondo maupun Kecamatan Panji, di pusat perbelanjaan Karunia Darma Sentosa (KDS) Jalan A Yani Situbondo, juga membuat pengunjung berlarian keluar gedung. (fat/fat)
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© Copyright Sekedar Info 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.